Senin, 14 April 2014

Tips Membeli Gitar Bekas Pakai

Bagi anda para gitaris pemula, membeli gitar memang menjadi impian semua musisi. Namun tidak semua gitaris memiliki dana yang cukup untuk beli gitar baru.Jika sudah seperti ini, maka gitar bekas menjadi pilihan terbaik. Ada yang membeli gitar bekas kawannya maupun kerabatnya. Adapula yang membelinya di toko gitar.

Sayangnya, tidak banyak pembeli yang jeli dalam membeli. Karena itu tidak heran jika banyak diantara mereka yang merasa tertipu oleh kerabatnya sendiri. Padahal salah mereka sendiri tidak bisa memilih gitar dengan baik. Walhasil banyak yang kemudian memutuskan membeli gitar baru dan anti membeli gitar bekas.

Padahal ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri anda dari kerugian membeli gitar, bekas. Apa saja? Yang pertama adalah memperhatikan bagian neck atau leher. Cermati apakah lehernya masih lurus atau sudah bengkok. Kemudian lihat bagian fretnya, apakah masih bagus atau sudah berkarat.
Jika sudah berkarat dan terkikis senar, anda terancam mengeluarkan biaya tambahan. Sebab untuk membetulkan senar dibutuhkan dana yang cukup besar. Kemudian cek juga tunernya, yakni bagian dalam menstem senar. Pastikan tuner berfungsi dengan baik. Periksa juga bridgenya. Dengarkan perubahan nadanya, jangan sampai anda salah membeli.

Setelah itu cek fret demi fretnya, kemudian mencoba pickupnya, dengarkan perubahan suara pick up, lalu cek juga volumenya apakah noisenya sangat terasa. Rasakan juga necknya apakah nyaman atau tidak. Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan saat memilih gitar bekas pakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar